Artikel ini adalah lanjutan dari pembahasan mengenai audit humas yang
pertama. Disini, kita akan membahaas mengenai mengapa dilakukan AUDIT
PR, dan bagaimana PROSES AUDIT PR itu sendiri?
ALASAN DILAKUKAN AUDIT PR : (diambil dari handout perkuliahan audit
humas universitas padjadjaran Oleh : Evie Ariadne)
Masih bingung, mengapa suatu perusahaan membutuhkan audit PR?
Audit PR dilakukan disaat PRO (Public Relations Officer) baru menjabat
dalam pekerjaannya. Audit akan memberi informasi kekuatan, dan kelemahan
PR, menjelaskan tujuan PR, menentukan fungsi PR, dan menunjukan nilai
potensian dari program PR.
Disaat PRO merencanakan program-program kegiatan, audit dapat membantu
PRO mengenali manajemen melalui persepsi dari luar dan mendorong ke arah
suatu PERUBAHAN.
Ketika CEO baru, audit membantu mengetahui prioritas program-program
baru yang akan dilaksanakan dan sikap publik terhadap lembaga
Terjadi perubahan dalam kondisi keungan dan ingin menyusun anggaran
belanja untuk kegiatan kegiatan lemabga umumnya dan PR khususnya.
Seperti terjadi turun naik penghasilan yang drastis, perubahan deviden,
perubahan anggaran untuk bagian atau kegiatan PR.
Ketika lembaga melakukan perubahan arah, audit akan memberi pentunjuk
apakah harus melakukan GO PUBLIC, MERGER, AKUSISI, dan PENEKANAN PRODUK
atau JASA
Terjadi perubahan besar dalam struktur lembaga, seperti keberhasilan
yang diraih, pengaturan manajemen baru, dan penata ulang bagian biro.
Audit akan menyiagakan pimpinan dalam menghadapi perubahan yan diterima
dari publik dalam dan luar
Ketika diperlukan peninjauan ulang identitas atau kampanye uklan yang
dilakukan PR, audit membantu dalam menentukan arah baru
disaat PRO memerlukan kejelasan mandat dari pimpinan, audit memberikan
objektivitas yang diperlukan.
ketika perlu ditetapkan sebuat patok branding/brenchmark untuk tolak
ukur itu sendi dan untuk mengukur kemajuan tahunan/berkalan untuk
menyusun kembali prioritas perencanaan
Disaat perlu membangun landasan dan latar belakang guna pengembangan
kebijakan dan perencanaan program baru
AUDIT PUBLIC RELATIONS = PROSES PUBLIC RELATIONS.
Masih ingat, model proses PR yang dibuat oleh Cutlip&Center, pada
bukunya Effective PR. Ini adalah model yang paling sering digunakan oleh
praktisi PR, untuk merencanakan suatu PR Plan.
Pada model ini terdapat 4 tahap penting yaitu; Defining Public Relations
Problem (Situation Analysis: What is Happening Now), Planning and
Programming (Strategy: What Should we do and say and WHY?), Taking
action and Communicatiing (Implementation : How and when do we do and
say it?), terakhir Evaluation the Program (Assessment : How did we do?)
Mendefinisikan masalah : dilakukan melalui penelitian dengan
menganalissi situasi berupa pemahaman, opini, sikap, dan perilaku public
terhadap lembaga. PERTANYAANNYA: agar yang terjadi sekarang bertolak
dari hasil. Fact Finding ini dapat dirumuskan permasalahan secara akurat
Planning Programming : Dari rumusan masalah, dibuat strategi perencanaan
dan pengambilan keputusan untuk membuat program kerja berdasarkan
kebijakan lembaga yang disesuaikan juga dengan kepentingan public.
PERTANYAANNYA, apa yang harus dilakukan? Dan apa yang akan dikatakan?
Dan mengapa melakukan ini?
Tahap pelaksanaan/implementasi dan komunikasi : ditahap ini PRO harus
mengkomunikasikan pelaksanaan program secara menarik sehingga mampu
mempengaruhi sikap publiknya yang mendorong mereka untuk mendukung
pelaksanaan program tersebut. PERTANYAAN : bagaimana dan kapan akan
dikerjakan dan bagaimana menjelaskannya
Tahap ini melakukan penilaian terhadap hasil pelaksanaan program dari
perencanaan, pelaksanaan program, pengkomunikasian samapai keberhasilan
akan kegagalan yang terjadi dari program tersebut. PERTANYAAN :
bagaimana kita mengerjakannya?
Selain 4 tahap PR diatas, kita juga bisa memakai tahap lainnya :
Joyce F Jones Said :
FINDING OUT WHAT WE THINK
Ini adalah sebuah wawancara dengan manajemen puncak dan dalam beberapa
hal juga manajemen menengah untuk melihat kekuatan dan kelemahan dalam
perusahaan, pulik relevan dan amsalah2 yang relevan dieksplorasi
FINDING OUT WHAT THEY THINK
Penelitian dilakukan untuk menentukan kedekatan pandangan public dengan
pandangan perusahaan
EVALUATING THE DISPARITY
Sebuah neraca kehumasan yang menggambarkan asset, kemampuan, kekuatan,
dan kelemahan dirancang berdasarkan analisis perbedaan yang didapat dari
langkah pertama dan kedua
RECOMMENDING
Sebuah program kehumasan yang lengkap dirancang untuk mengurangi
perbedaan yang didapat dalam langkah pertama da kedua
Pengenalan Dunia Komunikasi Part 2
Related Posts:
Contoh Program Sederhana C++ 1. Program menentukan angka ganjil dan genap 2. Program perhitungan angka 3. Program menentukan umur 4. Program menu dengan menggunakan IF 5. Program menu dengan menggunakan SWITCH CASE 6. Progra… Read More
Belajar Matematika Diskrit kelas Teknik Informatika Matematika diskrit atau diskret adalah cabang matematika yang membahas segala sesuatu yang bersifat diskrit. Diskrit disini artinya tidak saling berhubungan (lawan dari kontinyu). Objek yang dibah… Read More
Mulai Menggunakan Python Python bisa diinstal di berbagai sistem operasi termasuk windows, Mac OS X, OS/2 atau Linux/UNIX. Tapi jika anda memakai MAc OS X atau Linux, Anda akan mendapatkan python secara default. Untuk saat ini saya masih menggun… Read More
Sertifikasi Keahlian di bidang IT Sertifikasi administration, maintenance,management dan audit Administrasi adalah proses penyelenggaraan kerja yang dilakukan bersama-sama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Administrasi, baik dalam penger… Read More
Dampak Positif dan Negatif Menggunakan Sosial Media Berbicara sosial media sekarang ini memang sudah tidak asing lagi dikalangan masyarakat, hampir tiap individu menggunakan media sosial dari yang muda hingga yang tua baik untuk berbinis maupun hanya sebatas terhubung de… Read More
Jackpot City Casino Site 2021 | Play £10, Get £50 in Bonuses
BalasHapusJackpot luckyclub City is a massive online casino that features hundreds of exciting games. You'll find many of the best online slot games at the jackpot city