Alhamdulillah, akhirnya setelah sekian lama tidak menulis, saya
memutuskan untuk menulis tentang dunia komunikasi kembali. Hi,
teman-teman pelajar komunikasi (khusunya Public Relations), Kali ini
saya ingin membahas tentang Audit Public Relations.
WHY ORGANIZATION NEED AUDIT PUBLIC RELATIONS?
Mari kita mulai dari asal katanya terlebih dahulu, dimana Audit adalah
pemeriksaan dan pengujian laporan keuangan. Lalu mengapa, kalau
ditujukan untuk masalah financial, kita sebagai orang PR juga butuh
audit?
Menurut Webster’s New World Dictionary, audit itu meliputi 5 Aspek :
Pengujian&Pemeriksaan atas rekenin Koran/laporan kengan untuk
memastikan kebenarannya.
Pemberesan atau penyesuaian rekening
rekening yang diuji dan disesuaikan
pernyataan akhir dari para auditor tentang suatu rekening
setiap pengujian & evaluasi seksama atas sebuah persoalan
Nah, financial things berhubungan dari butir 1 sampai butir 4, sedangkan
sebagai orang PR, mari kita lihat BUTIR KE 5.
Pengertian butir ke 5, mengandung makna semua aspek yang dianggap
penting dalam suatu sistem kerja yang dapat di audit. ARTINYA, sistem
komunikasi pun sebagai salah satu aspek dalam suatu sistem kerja, juga
bisa di audit seperti halnya sistem pemasaran, sistem organisasi, dan
lainnya.
BACK TO DEFINITION OF PUBLIC RELATIONS.
Suatu proses audit, memiliki hubungan yang erat dengan komunikasi
khusunya PR. Kalau kita lihat dari salah satu definisi yang diutarakan
oleh bapak J.C Seidel, yaitu ”PUBLIC RELATIONS ADALAH USAHA MANAJEMEN
UNTUK MEMPEROLEH PENGERTIAN DAN GOODWILL DARI PARA PELANGGAN, PEGAWAI,
DAN PUBLIK PADA UMUMNYA. KEDALAM DENGAN MENGADAKAN ANALISIS DAN
PERBAIKAN-PERBAIKAN TERHADAP DIRI SENDIRI, DAN KELUAR MENGADAKAN
PERNYATAAN-PERNYATAAN”
Mengapa mengambil definisi dari J.C Seidel?
Dalam Audit PR, kita melakukan suatu riset komperhensif mengenai suatu
perusahaan. Tidak selalu ada masalah dalam perusahaan tersebut, namun
pasti ada saja yang sesuatu yang harus diseldiki, baik itu CEO,
Karyawan, event, customer, dan lain lain.
Hey, we look like Communication Intellegent Agency, huh? (CIA )
Kembali lagi pada pengertian J.C Seidel, dimana kita sebagai PR, tentu
saja tujuan utamannya adalah menciptakan GOODWILL dan pengertian public
(baik internal mau pun eksternal). -> DENGAN MENGADAKAN ANALISIS.
Nah, analisis disini yang mau saya BOLD. Karena, AUDIT PR memang
membutuhkan analisis terhadap diri sendiri (COMPANY), dan mengemukakan
pernyataan-pernyataan pada public, tentunya dengan solusi atas suatu
masalah yang terjadi pada perusahaan tersebut
Jadi, apakah suatu perusahaan butuh Audit Public Relations?
Jawabannya YA. Tentu saja, untuk menjaga keseimbangan, keselarasan, dan
kenyamanan komunikasi dalam perusahaan, suatu perusahaan butuh Audit PR.
WHAT THE PURPOSE OF AUDIT PUBLIC RELATIONS?
Tujuan Audit PR adalah untuk mengetahui POSISI PR dalam suatu organisasi
secara komperhensif sehingga dapat diancang kegiatan humas selanjutnya
Apa hanya sebatas itu saja? Jawabannya adalah TIDAK.
Tujuan khusus audit PR :
Untuk meningkatkan KINERJA PR melalui peningkatan efektivitas
program-programnya.
Untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman organisasi
(SWOT)
0 komentar:
Posting Komentar